Pangandaran – Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Polsek Padaherang di bawah jajaran Polres Pangandaran melaksanakan kegiatan Pelayanan Surat Kehilangan yang merupakan bagian dari implementasi program Polri Presisi, pada hari Jumat, 13 Juni 2025. Kegiatan berlangsung sejak pukul 09.50 WIB di Ruang KA SPKT Polsek Padaherang dan dipimpin langsung oleh petugas piket pelayanan, Bripka Gimhot Parulian Pasaribu.
Pelayanan diberikan kepada masyarakat yang melaporkan kehilangan dokumen penting, seperti KTP, SIM, STNK, maupun surat-surat pribadi lainnya. Proses pelayanan dilaksanakan dengan pendekatan yang humanis, cepat, transparan, dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh institusi Polri.
Dalam keterangannya, Bripka Gimhot menjelaskan bahwa setiap laporan kehilangan yang diterima langsung diverifikasi dan diproses menggunakan sistem informasi pelayanan terpadu. “Kami memastikan bahwa setiap warga yang datang mendapatkan pelayanan terbaik, dengan memperhatikan ketertiban administrasi dan kenyamanan masyarakat. Ini bagian dari komitmen kami sebagai pelayan publik,” ujarnya.
Wujud Nyata Pelayanan Prima Polri Presisi
Kapolres Pangandaran, AKBP Mujianto, S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa pelayanan masyarakat, termasuk pembuatan Surat Kehilangan, merupakan pelayanan dasar yang harus diberikan dengan sebaik-baiknya oleh jajaran kepolisian, terutama di tingkat Polsek sebagai ujung tombak institusi.
“Setiap anggota kami arahkan untuk mengedepankan prinsip quick response, profesionalisme, dan pendekatan humanis dalam setiap bentuk pelayanan. Hal ini sejalan dengan transformasi menuju Polri yang Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan (Presisi),” ujar Kapolres.
Beliau juga menambahkan bahwa layanan yang baik kepada masyarakat akan berdampak langsung pada peningkatan kepercayaan publik terhadap Polri. Oleh karena itu, seluruh jajaran dituntut untuk konsisten menjaga kualitas pelayanan dan meminimalisir keluhan dari masyarakat.
Masyarakat Apresiasi Pelayanan yang Mudah dan Cepat
Warga yang menerima layanan mengaku puas dengan proses dan keramahan petugas. Salah seorang warga Desa Karangmulya yang enggan disebut namanya menyatakan, “Pelayanannya cepat dan tidak berbelit. Saya hanya bawa fotokopi KTP, langsung dibantu dan dijelaskan dengan baik oleh petugas. Sangat membantu.”
Kegiatan ini juga menjadi bentuk nyata pelayanan prima Polri yang tidak hanya hadir saat penegakan hukum, tetapi juga memberikan solusi dalam kebutuhan administratif warga sehari-hari.
Pelayanan Berjalan Aman, Tertib, dan Lancar
Selama proses pelayanan berlangsung, situasi di Mapolsek Padaherang dalam keadaan aman, tertib, dan terkendali. Petugas juga memastikan ruang pelayanan tetap bersih, tertata, dan nyaman bagi masyarakat yang datang. Penggunaan sistem digital juga terus didorong untuk mendukung percepatan pelayanan di masa mendatang.
Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan pelayanan di tingkat Polsek semakin optimal dan mampu menjadi garda terdepan dalam menghadirkan Polri yang modern, adaptif, dan dicintai masyarakat